Tanggal :

Terkait Wabah Virus Corona

Pelaksana Tugas Bupati Minta Masyarakat tak Panik

Dibaca: 848 kali  Kamis, 05 Maret 2020 | 14:25:07 WIB
Pelaksana Tugas Bupati Minta Masyarakat tak Panik
Ket Foto : Pelaksana Tugas Bupati Minta Masyarakat tak Panik

BENGKALIS - GETARPIJAR.COM - Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bengkalis H Muhammad melalui Kepala Bagian (Kabag) Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokopim) Sekretariat Daerah Bengkalis Muhammad Fadhli, menghimbau kepada masyarakat untuk tidak panik dalam menghadapi wabah virus corona.  


Kemudian, lanjut Kabag Prokopim yang akrab disapa Fadhli tersebut mengatakan, berdasarkan keterangan dari Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkalis dr. Ersan Saputra bahwa untuk virus corona di Kabupaten Bengkalis, masih dalam status aman. “Artinya belum ditemukan baik itu suspect (terduga) ataupun yang terjangkit dengan virus corona atau covid-19 sampai pada hari ini, Rabu kemarin”, kata Fadhli.


Kabag Prokopim Fadhli menghimbau kepada masyarakat, jika sedang dalam kondisi batuk atau flu agar menggunakan masker. Kemudian masyarakat dihimbau juga untuk rajin cuci tangan setiap habis melakukan aktifitas apapun.


Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkalis dr. Ersan Saputra saat dikonfirmasi terkait virus corona mengatakan bahwa dari pemantauan di pelabuhan internasional maupun domestik yang ada di pulau Bengkalis belum ada suspect yang terjangkit corona.


Ersan juga menjelaskan bahwa virus corona covid-19 merupakan jenis penyakit self limited disease atau dapat sembuh dengan sendirinya. Untuk itu kepada masyarakat untuk tidak panik dan percaya begitu saja dengan berita-berita yang beredar tanpa sumber yang jelas, yang terkadang kebanyakan hoax.


“Kebanyakan virus corona menyebar seperti virus influenza. Corona virus menyebar melalui batuk dan bersin dari orang yang terinfeksi. Penyebaran juga bisa terjadi lewat sentuhan tangan, wajah, atau bagian lain yang umum disentuh. Infeksi biasa terjadi pada anak-anak, namun siapa saja bisa terkena corona virus”, ucap Kadis Kesehatan tersebut.


Terkait upaya apa yang dilakukan khusus di pelabuhan, Ersan mengatakan untuk pencegahan pertama tetap berkoordinasi dengan Kantor Kesehatan pelabuhan karena itu kewenangan mereka. Upaya yang kedua, RSUD Bengkalis telah siapkan ruangan isolasi serta tim dokter untuk penanganan pasien corona.


Terkait di Kecamatan lain selain di pulau Bengkalis, Ersan menjelaskan bahwa Puskesmas telah disiapsiagakan semua untuk menerima apabila ada keluhan masyarakat yang diduga virus corona.


“Puskesmas sudah kita instruksikan dan apabila ditemukan gejala-gejala seperti misalnya demam tinggi biasa di atas 38,5 derajat kemudian ada sakit tenggorokan segeralah merujuk kerumah sakit terdekat. Dan yang paling penting adalah jaga kesehatan dan jaga kondisi tubuh, karena virus tidak akan masuk kalau daya tahan tubuh kita kuat,” himbau Kadis Kesehatan tersebut. (humas)

 

Akses getarpijar.com Via Mobile m.getarpijar.com
BERITA TERKAIT
TULIS KOMENTAR