Tanggal :

Sekda Irup Apel Siaga Darurat Bencana Asap Akibat Karhutla Kabupaten Bengkalis Tahun 2020

Dibaca: 799 kali  Senin, 02 Maret 2020 | 17:25:47 WIB
Sekda Irup Apel Siaga Darurat Bencana Asap Akibat Karhutla Kabupaten Bengkalis Tahun 2020
Ket Foto : Apel Siaga Darurat Bencana Kabut Asap Akibat Karhutla di Kabupaten Bengkalis, di Lapangan Tugu Bengkalis, Senin (2/3/2020).

BENGKALIS - GETARPIJAR.COM - Saat membacakan sambutan tertulis Plt. Bupati Bengkalis Apel Kesiap Siagaan Bencana Kabut Asap akibat Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang ditaja Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bengkalis, Sekretaris Daerah Bengkalis H. Bustami HY, menegaskan kepada seluruh Camat, Kepala Desa dan Lurah agar lebih gencar melakukan pemadaman Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di wilayahnya masing-masing.


"Selain itu, terus lakukan sosialisasi larangan membakar hutan dan lahan serta penetapan status siaga darurat bencana kabut asap akibat Karhutla tahun 2020 di wilayah masing-masing," ujar Bustami saat memimpin Apel siaga darurat bencana kabut asap akibat Karhutla di Kabupaten Bengkalis, di Lapangan Tugu Bengkalis, Senin (2/3/2020).


Mantan Plt. Inspektur Bengkalis itu juga mengharapkan kerjasama dari seluruh stakeholder bisa terjalin dengan baik, tidak perlu saling menyalahkan tapi terus berusaha untuk memberikan kontribusi yang maksimal.


"Karena tindakan saling menyalahkan, tidak akan pernah menyelesaikan masalah, sebaliknya malah membuat masalah baru, hal itu tentu tidak kita inginkan dan tidak boleh terjadi," harap Sekretaris Daerah Bengkalis.


Tidak hanya di lingkungan Pemerintah saja, lanjut Bustami, pihak perusahaan juga harus bersama dalam upaya pencegahan Karhutla ini. Karena jika dilihat dari riwayat karhutla sebelumnya, perusahaan juga banyak yang terlibat dalam kasus tersebut.


"Tentunya jika kedapatan perusahaan dengan sengaja membuka lahan secara membakar, kita akan beri sangsi yang berat, bahkan sangsi tersebut akan dikenakan secara berlapis, selain itu juga akan dikenakan denda," tegasnya.


Pada akhir sambutannya, beliau (Sekda) berharap kepada TNI, Polri, Petugas Penanggulangan Bencana Daerah, Petugas Pemadam Kebakaran, Manggala Agni, Masyarakat Peduli Api, Tim Reaksi Cepat dari perusahaan agar siaga dan memastikan peralatan yang sudah siap digunakan. (humas)

Akses getarpijar.com Via Mobile m.getarpijar.com
BERITA TERKAIT
TULIS KOMENTAR