Tanggal :

BI Dorong UMKM Riau Tembus Pasar Luar Negeri

Dibaca: 758 kali  Ahad, 01 Maret 2020 | 14:14:56 WIB
BI Dorong UMKM Riau Tembus Pasar Luar Negeri
Ket Foto : Wakil Gubernur Riau (Wagubri) Edy Natar Nasution bersama BI terus dorong UMKM Riau

PEKANBARU - GETARPIJAR.COM - Wakil Gubernur Riau (Wagubri) Edy Natar Nasution, menyebutkan bahwa Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) harus didorong untuk kemajuan perekonomian di Indonesia khususnya Provinsi Riau.


Ia mengungkap bahwa hal tersebut memang bukan perkara mudah. Namun setiap UMKM, lanjutnya, harus diberdayakan dan dituntut untuk go digital supaya menjangkau lebih banyak pasar dan semakin dikenal luas.


"Di Riau ini, sektor UMKM perlu didorong agar terdorong. Supaya naik kelas ya didorong melalui teknologi informasi dengan online," ujarnya saat menghadiri pembukaan festival UMKM yang diselenggarakan Bank Indonesia Perwakilan Riau di Parkiran Mall Living World Pekanbaru, Sabtu malam (29/2/2020).


Edy Natar menjelaskan, UMKM sudah seharusnya diberikan pendampingan agar berdaya saing. Ungkap, daya saing bisa dikejar asalkan ada kemauan dari setiap pelaku UMKM.


"Kita dukung BI, bagaimana kedepannya memberikan pendampingan yang terbaik," ungkalnya.


Dia juga menerangkan, agar UMKM naik kelas, ada beberapa hal yang diperlukan yakni terobosan dan kebijakan, Sumber Daya Manusia yang unggul melalui pelatihan dan pendidikan, meningkatkan pembiayaan dan skema pembiayaan dengan Kredit Usaha Rakyat (KUR) serta penguatan jaringan e-commerce.


"Peningkatan kemudahan kepastian dan perlindungan usaha berintegrasi secara elektronik atau Operational Support System (OSS)," katanya.


Wagubri menambahkan, pemerintah telah mengeluarkan peraturan terkait perdagangan elektronik. Ini bertujuan untuk meningkatkan perdagangan produk dalam negeri dan mendorong peningkatan ekspor secara online yang mendukung perkembangan elektronik saat ini.


Sebutnya, saat ini banyak pelaku UMKM yang masih muda. Untuk itu, Edy Natar berharap bisa meningkatkan perekonomian Provinsi Riau serta dapat memberikan gambaran dan strategi yang bijak oleh pelaku usaha dan UMKM yang ada di Riau.


"Semoga kedepanya semakin banyak ruang bagi pelaku UMKM khususnya yg berada di Riau untuk semakin maju dan berkembang lagi," tutupnya. (Mcr/Gpc)

Akses getarpijar.com Via Mobile m.getarpijar.com
BERITA TERKAIT
TULIS KOMENTAR