Tanggal :

Buka Bazar HUT ke-50 IKMR

Gubri Apresiasi Upaya IKMR Bantu Gerakan Perekonomian Riau

Dibaca: 814 kali  Selasa, 25 Februari 2020 | 10:11:24 WIB
Gubri Apresiasi Upaya IKMR Bantu Gerakan Perekonomian Riau
Ket Foto : Gubernur Riau, Syamsuar saat menghadiri pembukaan bazar dan malam kesenian dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-50 IKMR di Komplek Bandar Seni Raja Ali Haji atau di lapangan MTQ Jalan Sudirman Pekanbaru

PEKANBARU - GETARPIJAR.COM - Masyarakat yang tergabung dalam Ikatan Keluarga Minang Riau (IKMR) diharapkan dapat terus bersinergi dengan pemerintah untuk bekerja sama dalam membangun daerah.


Demikian disampaikan oleh Gubernur Riau, Syamsuar saat membuka bazar dan malam kesenian dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-50 IKMR di Komplek Bandar Seni Raja Ali Haji atau di lapangan MTQ Jalan Sudirman Pekanbaru, Senin sore kemarin.


"Saya sangat bangga dapat hadir di tengah-tengah IKMR yang selalu senantiasa memelihara kekompakan dan kebersamaan ini. Kami pun berharap keluarga IKMR juga dapat terus bersinergi dan mendukung pemerintah dalam membawa kemajuan ekonomi bagi Riau. Salah satunya seperti yang telah dilakukan IKMR, yang setiap tahunnya selalu ada kegiatan, yang semata-mata dapat membantu pemerintah dalam menggerakkan ekonomi," kata Gubri.

Disamping itu, kata orang nomor satu di Riau ini juga, tidaklah sulit untuk menjalin sinergi antara pemerintah daerah di Riau dengan IKMR, mengingat Riau dan Sumatera Barat (Sumbar) juga memiliki beberapa kesamaan. Apalagi, putra-putri terbaik dari Minang juga banyak yang menjadi orang penting, khususnya di struktur pemerintahan, salah satunya seperti Edi Tanjung yang merupakan Anggota DPR RI.

 
"Kami juga memohon dukungan seluruh lapisan masyarakat, khususnya keluarga IKMR agar penguatan pembangunan ekonomi yang berbasis syariah di Riau dapat terlaksana, ini sama dengan Sumbar. Mari bersama-sama membangun ekonomi berbasis syariah demi kepentingan umat," ujarnya.


Di akhir kata, Gubri pun mengucapkan selamat ulang tahun ke-50 bagi IKMR. "IKMR telah berkembang pesat selama lima puluh tahun terakhir, bahkan telah terbentuk 54 cabang IKMR hingga ke kecamatan. Sekali lagi selamat ulang tahun ke-50 untuk IKMR," ujarnya.


Di tempat yang sama, Wakil Gubenur Sumbar, Nasrul Abit juga berkesempatan menyampaikan pesan kepada seluruh keluarga Minang yang ada Riau, agar senantiasa menjunjung tinggi adat istiadat yang ada di Riau. Sehingga keberadaan masyarakat Minang yang ada di Riau bisa memberikan kontribusi untuk pembangunan di Riau.


"Sama-sama kita ketahui, bahwa 35 persen warga Riau itu berasal dari Sumbar, tapi mereka sudah menjadi penduduk Riau. Karena sejauh berpuluh-puluh tahun yang lalu, kedua provinsi yang bertetanggaan ini memang sudah memiliki kedekatan yang baik. Ini harus kita jaga," ujarnya.


Kemudian, Ketua Umum (Ketum) IKMR Riau, Basrizal Koto pada kesempatan ini mengungkapkan, di usianya yang ke 50 tahun ini maka IKMR Riau sudah masuk di usia emas. Sejauh ini sudah banyak yang kontribusi yang diberikan oleh IKMR untuk pembangunan Riau.


"Saya ingin sampaikan bahwa suku kita adalah Minang, tapi kita adalah orang Riau. Dengan adanya organisasi ini warga Minang yang ada di Riau bisa bersatu dan ini harus kita jaga," katanya.


Sementara itu, Ketua Panitia HUT IKMR ke 50, Darmansyah mengatakan, perayaan HUT ke 50 IKMR di komplek MTQ ini akan berlangsung hingga lima hari ke depan. Beragam penampilan akan disuruhkan sepanjang malam hingga 29 Februari mendatang.


Di lokasi ini ada bazar UKM dan kuliner baik dari ranah Minang maupun dari Riau. Malam harinya akan ditampilkan tari-tarian tradisional, saluang, lomba lagu Melayu dan Minang, atraksi seni berbagai paguyuban di Riau, barongsai dan KIM. "Nati juga akan ada penampilan salah satu artis dari Sumbar yakni Kintani," ucapnya.


Selain dihadiri Gubernur Riau dan Wakil Gubernur Sumatera Barat, pembukaan perayaan HUT IKMR ke 50 ini juga dihadiri oleh Bupati Kabupaten Limapuluh Kota, Bupati Agam, Wakil Walikota Payakumbuh, Anggota DPR RI serta kepala Kesbangpol Riau, Chairul Rizky dan pimpinan OPD dari Pemprov Sumbar.(Grc/Gpc)
 

Akses getarpijar.com Via Mobile m.getarpijar.com
BERITA TERKAIT
TULIS KOMENTAR