Tanggal :

Plt. Bupati Bengkalis Sampaikan Paparan RDTR Kawasan Rupat dan Sekitarnya

Dibaca: 949 kali  Senin, 24 Februari 2020 | 14:43:45 WIB
Plt. Bupati Bengkalis Sampaikan Paparan RDTR Kawasan Rupat dan Sekitarnya
Ket Foto : Plt. Bupati Bengkalis H Muhammad saat menyampaikan paparan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Kawasan Rupat dan sekitarnya Kabupaten Bengkalis tahun 2020-2040.

JAKARTA - GETARPIJAR.COM - Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bengkalis H Muhammad menghadiri sekaligus menyampaikan paparan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Kawasan Rupat dan sekitarnya Kabupaten Bengkalis tahun 2020-2040, pada acara Rapat Koordinasi Lintas Sektor dalam rangka pembahasan Ranperda RDTR, Senin (24-2-2020), di meeting room lantai III, Sheraton Grand Jakarta Gandaria City Hotel, Kebayoran Baru, Jakarta.


Acara yang di gagas Direktorat Jenderal Tata Ruang Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional tersebut, dibuka secara resmi oleh Dirjen Tata Ruang, Abdul Kamarzuki.'


Selain Plt. Bupati Bengkalis, turut menyampaikan paparan juga dari Wali Kota Dumai, Bupati Siak, Bupati Pelalawan, Bupati Indragiri Hilir, Bupati Batu Bara dan Bupati Berau.


Dalam sambutannya, Direktorat Jenderal Tata Ruang Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesia Abdul Kamarzuki menjelaskan harapan Presiden Joko Widodo dalam percepatan RDTR pada daerah terbangun di Indonesia, diantara 57 lokasi yang terpilih pemerintah pusat sebagai 70% akan meningkatkan investasi dan perekonomian khususnya dari 3 Provinsi yakni Provinsi Riau, Sumatra Utara dan Kalimantan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Teks Photo: Plt. Bupati Bengkalis foto bersama. 


"Perjalanan RDTR ini sangat panjang dimulai pekerjaannya pada bulan Agustus sampai bulan September 2019, kemudian sesuai intruksi dari Kementerian Perekonomian Republik Indonesia, Kemendagri, Staf Khusus Presiden, KSP dan KPK menginginkan bulan Mei ini RDTR sudah menjadi perda", ucapnya seraya mengatakan kita hanya punya waktu dua bulan untuk menyelesaikan Perda RDTR ini.


Lebih lanjut Abdul Kamarzuki berharap adanya kerjasama antara DPRD dengan Kementerian ATR dalam menyelesaikan perda RDTR ini.


Sementara itu, Pelaksana tugas (Plt) Bupati Bengkalis, H. Muhammad sebelum menyampaikan penjelasan tentang Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Bagian Wilayah Perencanaan (BWP) kawasan Rupat dan sekitarnya terlebih dahulu menyampaikan rencana pembangunan Kabupaten Bengkalis yang mana pulau Rupat khususnya Rupat Utara memiliki pontensi untuk investasi bagi Kabupaten Bengkalis.


"Pulau Rupat termasuk dalam kriteria delineasi RDTR dalam mendukung Online Single Submission (OSS) dan pulau Rupat juga sudah masuk dalam kawasan Strategis Pariwisata Nasional", kata Muhammad.


Disamping itu sambung Muhammad, berdasarkan delineasi kawasan perencanaan Bagian Wilayah Perencanaan (BWP) berdasarkan berita acara tertanggal 14 Agustus 2019 di Pekanbaru dan Keputusan Bupati Bengkalis Nomor: 392/KPTS/IX/2019 tentang penetapan delineasi bagian wilayah perencanaan Rupat dan Sekitarnya di Kabupaten Bengkalis tertanggal 24 September 2019.


“Tentunya kami dari Pemerintah kabupaten Bengkalis siap menyelesaikan Perda RDTR ini, dimana pada pertemuan ini kami mengikutsertakan Ketua DPRD Kabupaten Bengkalis dan membawa tim teknis dari Perangkat Daerah", ungkap Muhammad mengakhiri paparannya.


Hadir pada kegiatan tersebut Kepala Subdit Pemanfaatan KSN Wilayah I Galuh Aji Niracanti, Ketua DPRD Kabupaten Bengkalis H. Khairul Umam, Pelaksana Harian Sekretaris Daerah Kabupaten Bengkalis H Heri Indra Putra.


Kemudian, Plt Kadis PUPR Ardiansyah, Kepala Bappeda Hadi Prasetyo, Kadis Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Basuki Rakhmad, Kadis Pertanian H Tarmizi, Kadis Perikanan H Herliawan, Kadis Kominfotik Johansyah Syafri, Kadis Perhubungan Djoko Edy Imhar, dan Kadis Lingkungan Hidup H Arman AA.


Lalu, Kadis Perumahan, Permukiman dan Pertanahan Gendraya Rohaini, Kabag Hukum Maryansyah Oemar, Kalaksa BPBD H Tajul Mudarris, Direktur PDAM Tirta Terubuk Jufrizal, H Alfakhrurrazy, dan Kabag Prokopim Muhammad Fadli, Camat Rupat Utara Agus Sofyan, dan Kabid Tata Ruang Dinas PUPR Sugeng Santoso. (humas)

Akses getarpijar.com Via Mobile m.getarpijar.com
BERITA TERKAIT
TULIS KOMENTAR