Tanggal :

Bupati Suyatno Buka Turnamen Gasing Bupati Cup 2020

Dibaca: 849 kali  Senin, 24 Februari 2020 | 10:51:20 WIB
Bupati Suyatno Buka Turnamen Gasing Bupati Cup 2020
Ket Foto : Bupati kabupaten Rokan Hilir H Suyatno menyaksikan acara turnamen gasing bupati cup 2020

BANGKO - GETARPIJAR.COM - Bupati kabupaten Rokan Hilir (Rohil) H Suyatno membuka acara open turnamen gasing bupati cup 2020 di Kepenghuluan Labuhan Tangga Kecil Kecamatan Bangko, Minggu malam (23/02/2020). 

Tampak hadir ketua DPRD Rohil Maston mendampingi Bupati Rohil, Dandim 0321/Rohil Letkol arh Agung Rahman Wahyudi,Spol, para Asisten Pemkab Agung Rahman Wahyudi,Spol, para Asisten Pemkab Rohil, Ketua Lembaga Adat Melayu Riau-Rohil H Rashyd Abisar, mantan Wakil Ketua DPRD Rohil M.Ridwan, Camat, Penghulu, Perangkat Desa dan Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama serta sejumlah masyarakat Labuhan Tangga Kecil.


Dalam sambutannya, orang nomor satu di pemerintahan Rohil ini mengatakan sangat gembira karena dapat bertemu dengan sanak saudara di Labuhan Tangga Kecil. Bahkan dia sangat tidak menyangka atas antusias masyarakat menghadiri perlombaan gasing di malam hari ini.


"Tadi ketua panitia mengatakan tidak menyangka antusias masyarakat menonton dan ikut perlombaan tradisional gasing ini. Siapa lagi yang melestarikan lomba tradisional masyarakat disini kalau bukan masyarakatnya sendiri," tutur Suyatno.


Dikatakan oleh Bupati kabupaten Rokan Hilir ini bahwa yang dapat membangkitkan permainan rakyat, permainan tradisional tersebut adalah masyarakatnya.


"Permainan gasing ini sejak dahulu kala kita sudah mengenalnya. Saya mengapresiasi sekali dan terima kasih kepada pak camat, Datuk penghulu dan khususnya kepada panitia pelaksana penyelenggara lomba permainan rakyat gasing ini yang bekerja siang dan malam," kata Suyatno.


Lanjutnya menegaskan, kebersamaan itu sangat diperlukan didalam meningkatkan permainan tradisional sebagai olahraga rakyat kabupaten Rohil khususnya di kepenghuluan labuhan tangga kecil kecamatan Bangko.


Karena perkembangan daerah, kata Suyatno, ia melihat adanya Pustu tempat layanan kesehatan yang melindungi sekolah maka Suyatno menjelaskan akhirnya membeli tanah yang saat ini merupakan lokasi lomba gasing "Tanah ini merupakan niat saya dulu dan saya beli dari anggota DPRD Rohil. Oleh sebab itu tahun ini, tempat ini, tanah ini akan kita bangun Pustu. Anggarannya sudah ada kalau ngak salah anggarannya 5 ratus juta untuk bangun Pustu ini,"katanya.


Sementara untuk tempat lokasi masyarakat berolahraga, orang nomor satu di Rohil ini sudah berdiskusi dengan Datuk penghulu yang melaporkan kepada Ia bahwa tanah pemerintah daerah ada di parit endang yang sangat luas tersebut ditimbun.


"Tahun ini tanah tersebut kita timbun. Nanti bermacam-macam cabang olahraga kita pusatkan disana. Camat tolong dikawal dan dibantu nanti agar anak anak para pemuda dan pemudi bilamana ingin berolahraga agar diarahkan kesana di parit endang,"tuturnya.

Dalam kesempatan ini orang nomor satu di Rohil ini merogoh sakunya untuk memberikan bantuan pribadi kepada para juara. Meskinpun saat memberikan bantuan ini belum ada juaranya namun dirinya membantu secara pribadi untuk hadiah turnamen open gasing bupati cup 2020 ini.


Bupati H. Suyatno Rohil H.Suyatno mengatakan, open turnamen gasing Bupati Cup 2020 sangat ramai diminatai dan perlu dinerikan apresiasi. "Saya melihat pemain tradisional klasik ini ini sangat luar biasa yang mendapat laporan dari Datuk penghulu bahwa peserta dari Panipahan juga hadir ini dari beberapa Kecamatan juga hadir, artinya gasing ini banyak peminatnya jadi saya harap kelestarian gasing yang ada di daerah kita  terus dipertahankan," ujar Bupati.


Sementara itu, Rasid Abizar selaku Ketua Lembaga Adat Melayu Riau menceritakan masyarakat yang agraris yang bertani bercocok tanam ketika dia istirahat anak – anaknya bermain suatu benda dari kayu stik kasti itu permainan yang sangat indah kemudian ada lagi namanya Patuk Lele ini merupakan permainan-permainan masyarakat yang tersusun dari zaman dahulu yang diturunkan agar generasi muda bisa menepis budaya-budaya luar. 


"Budaya westernisasi masa modern saat ini cukup tajam sekali masuk ke daerah kita ni tangkis dengan budaya Buddha yang terkenal suralaga racing ini termasuk nanti ada ini merupakan kearifan lokal itu muatan -muatan lokal ya nanti ya khusus Dinas Pendidikan ini bersama lembaga adat akan Bagaimana permainan ini bisa dibudayakan," katanya.


Dalam pelaksanaan turnamen gasing ini, para peserta sangat antusias masyarakat dan semangat meski tempat acara ini hanya sebuah kepenghuluan yang jauh dari kota, tapi Alhamdulillah hari ini cukup ramai sekali bahkan masyarakat yang berkunjung melihat Open Tournament Gasing yang mungkin ini baru pertama kali ini sangat ramai.


Puluhan peserta andil dalam turamen ini yang memperebutkan berbagai kelas perlombaan. Bahkan Bupati berharap agar kedepan nisa dibuat turnamen lebih besar lagi karena memang permaina. gasing sangat merakyat dan banyak ditemukan di desa-desa yang ada di Rohil.


Dijelaskannya, untuk juara satu uang tunai sebesar 3 juta rupiah, juara dua sebesar dua 2,5 Juta rupiah, juara tiga sebesar 2 juta rupiah, juara empat sebesar 1,5 Juta. "Bersisa uang 1 juta. Nah satu juta ini untuk panitia. Saya serahkan malam ini kepada panitia penyelenggara uang 10 juta rupiah untuk diatur dengan sebaik baiknya,"tandasnya. (Wrc/Rlc/Gpc) 

Akses getarpijar.com Via Mobile m.getarpijar.com
BERITA TERKAIT
TULIS KOMENTAR