Tanggal :

Gubri Kukuhkan PB Porprov X Riau 2021

Dibaca: 947 kali  Ahad, 23 Februari 2020 | 10:47:01 WIB
Gubri Kukuhkan PB Porprov X Riau 2021
Ket Foto : Gubenur Riau Syamsuar saat mengukuhkan Panitia Besar (PB) Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) X Riau

TELUK KUANTAN - GETARPIJAR.COM - Gubenur Riau (Gubri) Syamsuar meminta Panitia Besar (PB) Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) X Riau 2021 yang diketuai Bupati Kuantan Singingi, Mursini utuk secepatnya menyusun time schedule.


"Makanya Kita ingin cepat PB Porprov ini dikukuhkan. Setelah ini kan mereka bisa langsung bekerja. Pertama Kita minta buat time schedule. Nanti ada laporan bagaimana progres yang sudah berjalan," ujar Gubri saat menyampaikan sambutan diacara pengukuhan dan pelantikan PB Porprov X Riau 2021 di Arena venue dayung danau Kebun Nopi, Minggu (23/2/2020).


Gubri Syamsuar menilai, masih banyak persiapan yang harus digesa, terutama oleh Kuansing sebagai tuan rumah. "Kemarin sengaja saya perintahkan Sekdaprov (Yan Prana, red) bersama OPD terkait untuk datang ke sini lebih awal, biar bisa mengecek bagaimana Kondisi di Kuansing, ternyata masih banyak venue-venue
yang mesti dibenahi. Ini nanti akan menjadi perhatian kita bersama, bagaimana pelaksanaan Porprov 2021 nanti bisa terselenggara dengan sukses," ujarnya.


Gubri juga berharap, iven Porprov ini nanti bisa melahirkan bibit unggul atlet-atlet Riau yang akan dipersiapkan pada PON 2024 di Sumut dan Aceh. Selain itu juga, Porprov ini diharapkan bisa menjadi lokomotif untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Sementara itu, Bupati Mursini selaku ketua PB Porprov berharap dukungan penuh dari Gubenur Riau dan juga KONI Riau.


Turut hadir pada acara ini, Sekdaprov Yan Prana Jaya, dan sejumlah Kepala OPD Pemprov Riau, Ketua KONI Riau, Emrizal Pakis dan jajarannya serta seluruh pejabat di lingkungan Pemkab Kuansing. Kemudian juga tampak hadir perwakilan KONI Kabupaten/Kota lainnya di Riau.


Usai acara pelantikan, Gubri bersama rombongan menyaksikan atraksi sky air di danau Kebun Nopi. Selanjutnya rombongan bersama Bupati kuansing meninjau sejumlah proyek kegiatan yang ada di Kuansing.

 

Bantu Anggaran Porprov ke-X 

Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar mendukung pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) ke-X yang akan dilaksanakan tahun 2021 di Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing).


"Saya sudah perintahkan Sekdaprov mengecek semua kondisi venue yang akan digunakan untuk Porprov. Nanti kita turunkan juga konsultan, menghitung berapa dana yang dibutuhkan. Setelah oke, baru dianggarkan di APBD Perubahan atau APBD 2021," kata Syamsuar, usai melantik Panitia Besar (PB) Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Riau ke-X di Aula Sport Centre Kebun Nopi Kuansing .


Tak hanya venue, lanjut Gubri, infrastruktur jalan yang kondisinya masih rusak juga akan diperbaiki Pemprov Riau. " Ya, kalau jalan rusak yang menjadi kewenangan provinsi akan kita perbaiki. Tak hanya di Kuasing, tapi semua daerah di Riau," ujarnya.


Sementara itu, Bupati Kuansing yang juga Ketua PB Porprov ke-X Mursini memberi apresiasi kepada Gubernur Riau yang dinilai begitu peduli dengan pelaksanaan Porprov yang digelar di Kuansing tahun 2021 mendatang.


"Kedatangan Pak Gubri hari ini bukti kepedulian beliau terhadap kegiatan Porprov yang akan gelar di Kuansing," sebut Mursini.


Untuk mensukseskan pelaksanaan Porprov tahun 2021 ini, lanjut Bupati, Pemkab sudah menganggarkan dana Rp 36 miliar yang bersumber dari APBD Kuansing tahun 2020 ini. Namun, anggaran sebesar itu dinilai masih kurang, karena biaya merenovasi sejumlah venue dan kebutuhan lainnya cukup besar. "Tentu dukungan tambahan anggaran dari Pemprov Riau juga kita butuhkan," ujarnya. 


Gubri Minta Venue Eks PON dimanfaatkan

Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar meminta agar seluruh venue peninggalan penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) tahun 2012 lalu dapat dimanfaatkan dengan baik.  Hal tersebut disampaikan Gubri saat mengukuhkan Panitia Besar Porprov Riau Ke-X.


"Saya sudah pesan kepada Pak Bupati, kedepan jangan ada lagi venue-venue kita yang tidak termanfaatkan. Ini juga sekarang kita sedang mempersiapkan pemanfaatan venue-venue yang ada di Provinsi Riau, bekas Pekan Olahraga Nasional tahun 2012 lalu agar itu bisa bermanfaat," kata Gubri.


Orang nomor satu di Riau itu menuturkan, selama ini sudah banyak pengurus cabang olahraga di wilayah setempat yang datang kepadanya, berharap agar venue-venue eks PON yang ada di Riau dapat dimanfaatkan sebagai tempat latihan atlet.


"Dan ini juga banyak aspirasi dari pengurus cabang olahraga agar kiranya ini (venue eks PON) bisa bermanfaat untuk pertandingan-pertandingan. Baik tingkat daerah, nasional dan internasional," tuturnya.


Di Kabupaten Kuansing sendiri, Gubri mengaku telah memerintahkan jajarannya untuk melakukan inventarisir dan pengecekan terhadap venue-venue yang perlu mengalami perbaikan. Di antaranya, seperti bangunan stadion yang ada di Kuansing Sport Center. (Mcr/Gpc) 
 

Akses getarpijar.com Via Mobile m.getarpijar.com
BERITA TERKAIT
TULIS KOMENTAR