Tanggal :

Bupati Rohil Hadiri Jejamu Toluk Gong Raja Bejamu

Dibaca: 814 kali  Senin, 24 Februari 2020 | 10:36:36 WIB
Bupati Rohil Hadiri Jejamu Toluk Gong Raja Bejamu
Ket Foto : upati Rohil, H Suyatno AMp beri sambutan saat menghadiri ejamu toluk gong

SINABOI - GETARPIJAR.COM - Event wisata religi Jejamu Toluk Gong Raja Bejamu dihadiri oleh Bupati Rohil, H Suyatno AMp. Jejamu toluk gong ini sekaligus kenduri puisi oleh komunitas seni rumah sunting Pekanbaru dan presiden penyair perempuan Indonesia beserta rombongan. 


Peresmian Event wisata religi ini ditandai dengan pemukulan gong besar oleh Bupati pada Sabtu kemarin. "Alhamdulillah hari ini kita meresmikan salah satu objek pariwisata religius yang ada di Kecamatan Sinaboi, tepatnya di Kenghuluan Raja Bejamu," ujar Suyatno.


Dijelaskannya, masyarakat sangat antusias menghadiri pada saat peresmian even wisata religi Jejamu Telok Gong di kepenghuluan Raja Bejamu ini. Ia mengatakan wisata relegi dan kenduri puisi ini atas kerjasama dengan budayawan Provinsi Riau untuk membantu mengembangkan bidang pariwisata religius.


"Alhamdulillah masyarakat cukup antusias. Saya berterima kasih kepada camat, para tokoh masyarakat, datuk penguhulu, para tokoh pemuda yang kesemuanya mendukung program ini sehingga nanti tepatnya pada tanggal dua puluh dua Februari setiap tahun kita rayakan," ujarnya.


Orang nomor satu di Kabupaten Rokan Hilir itu menginginkan pelaksanaan wisata religi Telok Gong ini jangan sampai putus. Oleh sebab itu, dia akan membangun jalan akses ke lokasi wisata relegi Telok Gong.  "Kita masuk tadi akses jalan ini sangat memprihatinkan sekali, ini tidak bisa kita biarkan dan oni harus kita bangun tahun ini," terang Suyatno.


Dalam kesempatan itu, Suyatno juga telah berkonsultasi dengan pihak PLN Rohil agar aliran listrik masuk ke lokasi wisata Telok Gong ini. "Insya Allah PLN akan bantu memasukkan tiang dan arus listrik," ujarnya.


Bupati Suyatno menjelaskan bahwa wisata religi Telok Gong di Raja Bejamu ini seperti batang terendam yang dibangkitkan kembali. "Kita minta petunjuk dan berdoa kepada Allah SWT semoga kegiatan hari ini berjalan lancar," tuturnya.


Ia juga minta kepada tokoh-tokoh masyarakat supaya daerah lokasi wisata tersebut disemah kembali. "Kita minta kepada orang orang tua kita yang ada di sini agar lokasi ini disemah secara adat, agar nanti orang yang datang ramai-ramai kemari tidak terganggu hal hal di luar kehendak kita," pesannya.


Selain itu, ia juga akan melaksanakan program normalisasi sungai. Kemudian membuat lokasi Telok Gong sebagai tempat destinasi wisata religi baru.


"Saya sangat tertarik dengan pohon nipah yang sangat luar biasa dibandingkan dengan pohon nipah yang lain, karena agak sedikit berbeda. Ini perlu dilestarikan, dijaga dan ini tidak boleh ditebang oleh masyarakat. Saya tetap berkonsentrasi pada daerah ini sebagai lokasi wisata melalui dinas pariwisata," pungkasnya. (Wrc/Gpc)

Akses getarpijar.com Via Mobile m.getarpijar.com
BERITA TERKAIT
TULIS KOMENTAR