Tanggal :

DLH Rohil Sosialisasikan Sampah Bernilai Ekonomi

Dibaca: 885 kali  Jumat, 21 Februari 2020 | 13:54:27 WIB
DLH Rohil Sosialisasikan Sampah Bernilai Ekonomi
Ket Foto : DLH Rohil Sosialisasikan Sampah Bernilai Ekonomi

BAGANSIAPIAPI - GETARPIJAR.COM - Dinas Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Rokan Hilir Riau gencar mensosialisasikan program sampah bernilai ekonomi. Selain itu juga fokus pada kegiatan penyiapan generasi mileniel cinta  lingkungan.

 
"Kita ingin mengubah paradigma lama dimana sampah hanya barang tak berguna menjadi barang bernilai ekonomi tinggi," ujar Kepala DLH Rokan Hilir Suwandi SSos saat menjadi narasumber pelatihan jurnalistik Generasi Milenial Menuju Pembangunan Rokan Hilir bersama lembaga pendidikan wartawan, Pekanbaru Jurnalis Center (JPC) di Rasa Sayang Hotel Bagansiapiapi, Kamis kemarin.


Menurut Suwandi, peran pemuda dan kelompok penggiat lingkungan diharapkan dapat mengubah paradigma lama sehingga sampah dapat diubah memiliki nilai ekonomi. "Ini diperlukan peran generasi milenial sebagai penggerak lingkungan hidup," ucapnya.


Saat ini Rokan Hilir menghasilkan lebih kurang140 meter kubik sampah setiap hari. "Diantara sampah itu ada yang berupa botol, plastik dan beberapa jenis lainya yang dapat didaur ulang dengan nilai ekonomi lumayan," ujarnya.

 
Selain itu, DLH Rohil juga melakukan penataan taman kota, membersihkan parit dan selokan agar besih dan enak dipandang mata. "Sekarang Jalan Sungai Garam, Tugu, Taman Kota, Selamat, Madrasah, Perwira, Merdeka, Bahagia dan jalan protokol lainya di kota Bagansiapiapi sudah ramai dikunjungi warga pada malam hari. Ada gemerlap warna-warni lampu dan lukisan pada dinding bangunan ruko dengan nuansa tempo doeloe ," paparnya.


Selain itu, untuk mendukung program lingkungan bersih, DLH Rohil membagi ship kerja siang maupun malam. "Petugas standny, siap bergerak kapan saja untuk mewujudkan Kota bersih dan program pak bupati ini," tambahnya.


Pelatihan generasi milenial menuju pembangunan Rohil berwawasan lingkungan ini dirangkai bersempena Hari Pers Nasional (PHN) 2020 dengan menghadirkan Drs Wahyu El Pangabean SH MH dan DR Yudi Krismen SH, MH dari Pekanbaru sebagai narasumber dan pesertanya berasal dari ormas dan pelajar. (Grc/Gpc)
 

Akses getarpijar.com Via Mobile m.getarpijar.com
BERITA TERKAIT
TULIS KOMENTAR