Tanggal :

Pemprov Riau Raih Nilai SAKIP B dari Menpan RB

Dibaca: 947 kali  Senin, 10 Februari 2020 | 14:51:09 WIB
Pemprov Riau Raih Nilai SAKIP B dari Menpan RB
Ket Foto : Gubri H. Syamsuar dan Wako dan Bupati di Riau foto bersama.

PEKANBARU - GETARPIJAR.COM - Gubernur Riau Syamuar menerima penghargaan hasil evaluasi atas penerapan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP), dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Tjahjo Kumolo, Senin (10/2/2020), di Batam - Kepulauan Riau.


Kepala Biro Organisasi, Jonli menjelaskan, penghargaan tersebut diterima Pemprov Riau setelah mendapatkan nilai SAKIP 67,40 dengan poin B besar. Selain provinsi, pemerintah kabupaten/kota di Riau juga mendapatkan nilai SAKIP, ada yang baik dan ada pula tidak naik. 


“Tadi pak Gubernur yang menerima SAKIP dari Menpan RB. Gubernur berharap nilai ini akan semakin meningkat ke depannya. Selain Provinsi nilai SAKIP untuk Kota Pekanbaru dan Inhil masih CC, dan untuk nilai SAKIP Provinsi B. Kabupaten/Kota selain Pekanbaru dan Inhil nilainya B,” jelas Jonli.


“Khusus untuk Kabupaten Kampar dan Rokan Hulu, tahun lalu 2018 nilai nya CC dan tahun 2019 naik jadi B. Untuk itu usai menerima SAKIP ini akan ada evaluasi terhadap pemerintahan Provinsi maupun Kabupaten/Kota,” jelasnya lagi. 


SAKIP ini merupakan penialin dari Kemenpan RB  melalui Kedeputian Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur, dan Pengawasan. Selain Riau kata Jonli, Provinsi lain juga menerima SAKIP, di antaranya pemerintah wilayah I, yaitu Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, Jambi, Kepulauan Bangka Belitung, Kepulauan Riau, Sumatera Selatan, Banten, dan Jawa Barat.


“Sebanyak 185 pemda yang terdiri atas 11 provinsi dan 174 kabupaten dan kota di Wilayah I akan diberikan hasil evaluasinya serta rekomendasi perbaikan yang harus dilakukan di tahun selanjutnya,” kata Jonli. (Mcr/Gpc)

Akses getarpijar.com Via Mobile m.getarpijar.com
BERITA TERKAIT
TULIS KOMENTAR