Tanggal :

Hadiri Milad Ke-2 Paguyuban Misuri Rohul di Desa Lubuk Kerapat

Bupati Sukiman Ajak Masyarakat Bersama-sama Bangun Rokan Hulu

Dibaca: 879 kali  Senin, 03 Februari 2020 | 14:47:57 WIB
Bupati Sukiman Ajak Masyarakat Bersama-sama Bangun Rokan Hulu
Ket Foto : Bupati Rokan hulu (Rohul) H.Sukiman foto bersama saat menghadiri Milad Ke- 2 Mitra Sunda Riau (Misuri)

RAMBAH HILIR - GETARPIJAR.COM - Bupati Rokan hulu(Rohul) H.Sukiman hadiri Milad Ke- 2 Mitra Sunda Riau (Misuri) yang dibarengi dengan Silaturahmi Akbar Paguyuban misuri Rohul yang bersempena juga dengan pentas budaya seni tradisi sunda didesa lubuk kerapat, minggu ( 02/02/2020).

 Kehadiran Bupati yang didampingi Ketua TP-PKK Rohul Hj.Peni Herawati Sukiman, disambut meriah oleh masyarakat lubuk kerapat yang ditandai dengan penampilan seni silat oleh Ipsi Rohul. acara ini juga mengadakan aksi sosial seperti sunat massal yang diikuti sebanyak 20 orang anak dan donor darah  yang berkerjasama dengan PMI Rohul .

dalam sambutannya Kepala Desa (kades) lubuk kerapat yang juga sebagai ketua Misuri Rohul mengatakan,tujuan digelarnya acara ini untuk mempersatukan masyarakat sunda serta melestarikan seni budaya sunda dengan tema "membina kekeluargaan yang rukun dan bersatu".

Beliau juga berharap dengan paguyuban misuri ini agar dimanapun orang sunda berada agar bisa saling silih asih, silih asah dan silih asuh, sehingga hubungan itu terbentuk jikalau ada kebahagiaan ataupun mendapatkan musibah bisa mudah mendapatkan informasinya.selanjutnya Kades juga menyampaikan harapan dari masyarakat Lubuk Kerapat kepada pemerintah agar jalan Desa Lubuk Kerapat di Tahun 2020 bisa di aspal.

"Saat ini kami menyusun rencana dari Kabupaten ke kecamatan sampai desa memiliki pengurus masing-masing sehingga jika ada terjadi sesuatu hal terhadap orang sunda itu ada kami mendapatkan informasinya" ungkap kades

dalam kesempatan itu,Eyang Hm Surachmat SH.MH selaku Ketua atau dikenal dalam bahasa sundanya dengan "Pupuhu Misuri Riau"juga menghimbau kepada seluruh masyarakat sunda yang ada di Rohul bahwa dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung dalam artian setiap masyarakat sunda harus tau akan belas asih dan selalu menjunjung kebersamaan,karena Paguyuban itu adalah merupakan sosial, budaya dan agama.

"Orang sunda harus bisa memberi warna yang baik di Rokanhulu, orang sunda tau akan berterimakasih dan tentu bisa menjaga nama baik" jelasnya.

Sementara itu dalam sambutannya Bupati H.Sukiman mengucapkan,selamat kepada Paguyuban Misuri dalam Milad ke-2 tahun yang mana Misuri sudah mulai menampakkan keberadaannya di Rohul dalam kebersamaan membangun Rohul .Bupati  juga berharap kedepan Misuri dapat maju dan berkembang menjadi lebih besar serta dapat bergabung dengan Paguyuban yang lain seperti IKBR, IKJR, Jamiah Batak Islam, Dll.

"Mari semua kita bersama sama membangun Rokanhulu dengan penuh semangat kebersamaan tanpa membedakan satu dengan yang lain, kita bersama sama membangun Rokanhulu yang kita cintai ini" harap Bupati Sukiman.

Terkait permohonan masyarakat Desa Lubuk Kerapat tentang pengaspalan jalan Desanya, Bupati mengatakan agar masyarakat dapat bersabar .

"namun jalan poroskan sudah semua kita aspal, nah untuk didalam sini agar bersabar sedikit, kita akan usahakan sesuai dengan moto kita Membangun Desa Menata Kota"  tambah Bupati

Di akhir acara Bupati memberikan bantuan kepada ketua panitia acara sebesar 5 jt Rupiah untuk membantu penyelenggaraan dan kesuksesan acara yang  ditutup dengan pemotongan tumpeng oleh Bupati yang diserahkan ke Ketua Misuri Rohul dan Ketua Misuri Riau,dalam acara Bupati juga mendapatkan sebuah tanda pengikat kepala yang dilam bahasa sundanya disebut dengan nama "topong".

Menoleh kebelakang bahwa Paguyuban Misuri ini disahkan di Rohul pada tahun 2018 lalu melalui Dinas Pariwisata Rohul yang dipusatkan di Desa Lubuk kerapat,Kec.Rambah Hilir. diawali dari pengesahan itu masyarakat sunda yang ada di Rohul mulai diakui keberadaannya.

Acara juga dihadiri Sekretaris Daerah Rohul H.Abdul Haris, S.Sos.M.Si, Ketua Darmawanita Rohul Hj.Netty Herawati Haris, Kadis Kominfo Drs.Yusmar, M.Si, Kadis PUPR Anton,ST, Kadis Perhubungan Andi Anto, Camat Rambah Hilir dan kades se Kec.Rambah.(kominfo).

Akses getarpijar.com Via Mobile m.getarpijar.com
BERITA TERKAIT
TULIS KOMENTAR