Tanggal :

Penuhi Kebutuhan Listrik 2020

Pemkab Rohil MoU Dengan PLN UP 3 Dumai

Dibaca: 1050 kali  Rabu, 15 Januari 2020 | 13:48:57 WIB
Pemkab Rohil MoU Dengan PLN UP 3 Dumai
Ket Foto : Pemkab Rohil tandatangani kerjasama dengan PLN UP Dumai

DUMAI - GETARPIJAR.COM - Guna pemenuhan kebutuhan listrik tahun 2020, Pemkab Rokan Hilir teken Memorandum of Understanding (MoU) dengan PLN UP 3 Dumai. Ditargetkan, seluruh kepenghuluan sampai perbatasan bisa dialiri listrik. 

Penandangan MoU, Rabu (15/1/20) di Ballroom Hotel Cititel Dumai, antara Bupati Suyatno dengan Manager PLN UP 3 Dumai, Praniko Benu Rendra, disaksikan dari pihak Pemkab Rohil, Asisten II Rahmatul Zamri, Asisten III Ali Asfar, Plt Kadis Kominfo, Hermanto, Plt Kadispora, Budiman, pihak PLN, Manager Bagian TE Syarif Hidayat, Manager Bagian PP Yulfendri, Manager Bagian Pembangkit, Husnul, Manager ULP Bagansiapiapi, Syaid, Manager ULP Baganbatu, Syamsurizal dan Manager Bagian KSA Amrizal. 

Manager PLN UP 3 Dumai, Praniko Benu Rendra menyebut, pihaknya berkomitmen mengaliri listrik keseluruh pelosok Rokan Hilir, salah satunya dengan menggesa pengerjaan Gardu Induk (GI) serta penarikan transmisi jaringan. 

"Alhamdulillah GI (Gardu Induk) kita di Rohil udah selesai. Dalam waktu dekat akan kita resmikan. Sekarang progres listrik untuk seluruh desa Kabupaten Rohil sebesar 98 %, tinggal 3 desa lagi yang belum teraliri,” ujar Praniko. 

Sementara itu, Bupati Rohil Suyatno mengharapkan pihak PLN terus bersinergi dengan Pemkab Rokan Hilir guna mempercepat pengaliran listrik sehingga 100 % kepenghuluan bisa teraliri. 

Jika ketersediaan listrik sudah mantap di Rokan Hilir, diyakini investasi dan perekonomian akan berkembang secara signifikan. 

Suyatno sempat memflash-back, kalau keberadaan Dahlan Iskan sangat berjasa dalam kehadiran GI di Rokan Hilir.


2020 Rohil Terang Benderang

Untuk meningkatkan kerjasama yang baik, PT.(Persero) Perusahaan Listrik Negara (PLN), Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) dengan pemkab Rokan Hilir melakukan Penandatanganan Nota Kesepahaman dan Perjanjian Kerjasama.

Kesepakatan kerja sama tentang pemungutan dan penyetoran pajak penerangan jalan (PPJ) di Kabupaten Rohil ini di saksikan Asisten II Rahmatul Zamri,Asisten III Ali Asfar,Kadispora Budiman,Sekretaris Dinas Kominfo Hermanto,para Kabag, Manager Unit ULP PT.PLN Bagansiapiapi dan Bagan Batu beserta staf PT.PLN UP3 Dumai.

Penandatanganan memorandum of understanding (MoU) ini dilakukan oleh Manager PT.(Persero) PLN UP3 Dumai Praniko Banu Rendra dengan Bupati Rohil H Suyatno AMp,di Aula Hotel Citiel Jalan Sudirman Kota Dumai, Rabu (15/01/2020) sekitar Pukul 17.30 WIB.

Dalam sambutannya Manager PT. PLN UP3 Dumai Praniko Banu Rendra mengatakan kesepakatan perjanjian kerja sama ini dilakukan sebagai awal yang baik untuk meningkatkan pelayanan listrik melalui pemungutan Pajak Penerangan Jalan (PPJ) dan PJU di Kabupaten Rohil yang merupakan perpanjangan MoU sebelumnya yang telah berakhir.

Dikatakannya lagi tujuan MoU sebagai dasar PLN memungut PPJ yang ada di Kabupaten Rohil,yang kemudian pihaknya akan menyetorkan PPJ dari PJU ke Kasda Rohil seperti tahun sebelumnya.

"Saya berharap MoU ini menjadi awal yang baik secara simbiosa mitualis antara kita dengan seluruh Stakeholder dan khususnya Pemerintah Kabupaten Rohil melalui PPJ dan PJU,dan Kami juga akan terus berupaya meningkatkan jaringan dan pelayanan kepada pelanggan kami disana," ucapnya.

Niko juga menerangkan saat ini pelanggan PLN di Rohil ada sekitar 120 ribu pelanggan yang berkontribusi tiap bulannya,untuk PPJ sekitar 1.7 Milyar PPJ dan sudah termasuk membayar PPJU sekitar 900 Milyar,sementara untuk kecukupan daya listrik di Rohil saat ini sudah berlebih dan dengan adanya gardu induk yang siap melayani 30 MVA di seluruh pelosok wilayah Rohil.

"Saat ini yang terpakai baru 13 MVA masih banyak sisanya,silahkan saja yang pasti kita akan memberikan pelayanan terbaik buat pelanggan kita di Rohil," pungkasnya.

Sementara Bupati Rohil H Suyatno menyebutkan, penandatanganan MoU antara Pemkab Rohil dengan PT.PLN UP3 Dumai tentang kerjasama Pemungutan dan Penyetoran PPJ di Kabupaten Rohil yang merupakan perpanjangan kerja sama yang sudah dilakukan sebelumnya yang saling menguntungkan.

 "Yang jelas perjanjian kerja sama MoU antara Pemkab Rohil dengan PT PLN UP3 Dumai ini saling menguntungkan," ucap Bupati Suyatno.

Orang nomor satu Rohil ini juga memberikan apresiasi atas kontribusi yang disumbangkan PT PLN UP3 Dumai selaku pihak yang memungut PPJ yang disetorkan ke kas daerah Rohil yang selalu tepat waktu dan sesuai kesepakatan.

Selain itu,Bupati Suyatno juga memuji kinerja PLN yang telah memberikan kontribusi yang banyak buat masyarakat Rohil yang tidak bisa di lupakan di tambah lagi saat ini ada gardu induk di Rohil yang siap memberikan penerangan di seluruh pelosok negeri Seribu Kubah Ini.

"Terima kasih PLN,atas kontribusinya selama ini buat masyarakat Rohil yang tidak bisa di lupakan yang pasti 2020 seluruh wilayah Rohil akan terang benderang," pungkasnnya. (Rls/grc)

Akses getarpijar.com Via Mobile m.getarpijar.com
BERITA TERKAIT
TULIS KOMENTAR