Tanggal :

Cegah Karlahut

Pemkab Rohil Beri Bantuan Sepeda Motor Untuk Para Kepenghuluan

Dibaca: 745 kali  Jumat, 27 Desember 2019 | 15:06:19 WIB
Pemkab Rohil Beri Bantuan Sepeda Motor Untuk Para Kepenghuluan
Ket Foto : Bupati Rohil H Suyatno AMp dan Kapolres Rohil AKBP M Mustofa SIK MSi foto bersama sejumlah datuk penghulu yang menerima bantuan sepeda motor untuk mendukung penanggulangan karhutla di wilayah kepenghuluan masing-masing, di halaman Mapolres Rohil.

BAGANSIAPIAPI - GETARPIJAR.COM - Guna bergerak cepat dalam mengantisipasi dan pencegahan kebakaran hutan dan lahan di wilayah Rokan Hilir, Pemerintah Kabupaten Rohil memberikan kendaraan roda dua untuk operasional kepada kepenghuluan maupun pihak kelurahan, se-kabupaten rokan hilir tahun 2019.

Penyerahan itu, langsung diberikan Bupati Rohil H Suyatno, kepada 74 orang terdiri Datuk Penghulu dan Lurah, yang disaksikan Kapolres Rohil AKBP Muhammad Mustofa, SIK MSi di halaman Mapolres Rokan Hilir, Riau, Jumat (27/12/2019).

Bupati menyebutkan sepeda motor jenis trail KLX Kawasaki itu, diharapkan mampu masuk kedalam kawasan hutan pada medan lapangan yang berat, berlumpur dan becek, sehingga dapat memantau langsung titik titik api.

"Hari ini sebanyak 74 unit sepeda motor jenis trail kita serahkan kepada datuk penghulu dan lurah. Ini khusus untuk memantau dan bertindak pencegahan karlahut di wilayah Rokan Hilir. Sepeda motor ini bisa menempuh medan lumpur, becek, rawa maupun jalan mulus. Sengaja diberikan, agar tidak ada lagi karlahut di tahun mendatang," kata Bupati Rohil H Suyatno dalam upacara penyerahan.

Setelah menerima kendaraan tersebut lanjut Suyatno, jika adat menerima laporan dari masyarakat, segera turun kelapangan. Kendaraan ini tidak diperuntukan untuk nongkrong di warung-warung ataupun untuk bergaya gaya. Karena kendaraan itu, untuk digunakan berlumpur ke kawasan hutan yang rawan dengan kebakaran.

"Lebih baik honda trail ini kotor berlumpur dari pada mulus. Berarti sering masuk hutan. Sekali lagi saya imbau sering-seringlah pantau wilayah yang rawan karlahut itu," pinta Suyatno.

Pada kesempatan itu, Bupati Rohil berharap agar jajaran Polsek dan Bhabinkamtibmas ikut memantau para Datuk Penghulu yang menerima kendaraan ini untuk tidak menyalagunakan kendaaraan, bahkan jika ditemukan oknum-oknum yang tidak mengindahkan himbauan tersebut, agar berkenan melaporkan peristiwa tersebut kepada Bupati secara langsung.

"Sekali kali bisalah duduk mencari info di masyarakat, tetapi khusus untuk karlahut. Pak Kapolsek juga ikut memantau, jika macam- macam laporkan kesaya," tegas Suyatno.

Tidak lupa, Bupati H Suyatno juga mengucapkan terima kasih kepada Kapolres Rokan Hilir, yang telah memberikan tempat untuk penyerahan kendaraan roda dua tersebut.

"Teri makasih pak Kapolres, mudah-mudahan tahun depan Karlahut tidak ada lagi di Rokan Hilir," pungkas Suyatno. (Grc/Gpc)

Akses getarpijar.com Via Mobile m.getarpijar.com
BERITA TERKAIT
TULIS KOMENTAR