Tanggal :

Bahas Evaluasi Pengamanan Arus Mudik Natal dan Tahun Baru Serta Pencegahan Karhutla

Pemkab Siak Gelar Rapat Forkompimda

Dibaca: 767 kali  Jumat, 27 Desember 2019 | 15:04:38 WIB
Pemkab Siak Gelar Rapat Forkompimda
Ket Foto : pemkab Siak menggelar rapat sinkronisasi penyelenggaraan pemerintahan daerah di Pekanbaru Jumat lalu (27/12/19)

SIAK - GETARPIJAR.COM - Rapat Sinkronisasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah, digelar Jumat lalu (27/12/19), di Pekanbaru dengan dua agenda pokok pembahasan, diantaranya pelaksanaan pengamanan dan angkutan Natal dan Tahun Baru dan pencegahan kebakaran hutan dan lahan.

Rapat yang dipimpin Bupati Siak Alfedri itu, turut dihadiri Ketua Pengadilan Siak Rozza El Afrina, Kapolsek Siak Kompol Marto harahap, Danramil Siak Mayor Infanteri Suratno, serta jajaran pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Camat se-Kabupaten Siak.

Terkait pelaksanaan pengamanan dan angkutan Natal dan Tahun Baru, Bupati Siak Alfedri menyebut perkirakan akan terjadinya kembali lonjakan penumpang melalui pelabuhan Buton, karena berdasarkan informasi yang didapat dari Pemkab Meranti kata dia, keterbatasan daya tampung angkutan pesawat menyebabkan para pemudik dari Batam, banyak yang pulang ke Sumatera Utara lewat Meranti dan meneruskan ke jalur darat via Pelabuhan Buton.

“Tentunya arus balik diperkirakan juga akan begitu. Karena itu perlu kiranya pengaturan dan koordinasi yang baik dari dinas terkait bersama OPD dan satker yang menangani baik Pemprov, maupun bersama pihak keamanan untuk mengantisipasi pengamanan lonjakan penumpang serta hal-hal yang tidak diinginkan”, kata Alfedri.

Selain itu, arus lalu lintas pada titik perbaikan proyek Jembatan di Kuala Gasib yang saat ini masih dalam proses pengerjaan juga jadi perhatian Bupati. Untuk mengantisipasi antrian Panjang pada titik tersebut, telah dirancang rekayasa lalulintas berupa pengalihan rute oleh dinas terkait dan Polres Siak yang dibantu perusahaan KTU.

Namun demikian kata Alfedri, masih banyak pengguna jalan yang tidak mau menggunakan jalan alternatif tersebut sehingga masih terjadi antrian panjang di lokasi pengerjaan jembatan.

Untuk mengatasi kemacetan yang masih terjadi, Pemimpin Siak itu meminta OPD berkoordinasi bersama Satlantas untuk mengarahkan agar para pengendara dapat menggunakan jalan alternatif, khususnya di saat arus lalu lintas dari dan menuju Siak mengalami kepadatan. Selain itu petugas juga perlu ditempatkan dilokasi perbaikan jembatan Kuala Gasib agar para pengguna jalan dapat antri dengan tertib dan tidak terjadi saling mendahului antrian.

“Arus kendaraan dari arah Pekanbaru menuju Siak telah dialihkan ke jalan perkebunan, dan dari Siak ke Pekanbaru tetap melewati jalan yang sekarang. Rambu-ramu sudah disiapkan, namun perlu terus dimonitoring oleh OPD terkait bersama Satlantas”, kata dia.

Selain itu, dalam rapat tersebut Bupati Alfedri juga mengingatkan jajarannya terkait potensi karhutla pada musim kering panas, yang diperkirakan akan terjadi pada bulan Februari sampai Mei 2020 mendatang.

“Belajar dari pengalaman kejadian Karhutla pada bulan Agustus sampai September Tahun 2019, banyak lahan kebun kelapa sawit dilahan gambut dan tidak terawat yang terbakar. Sebagian besar lahan terbakar dikuasai pemilik yang tidak tinggal diseputaran kebun yang terbakar tersebut”, ujarnya.

Untuk itu dalam rangka pencegahan kebakaran hutan dan lahan, upika masing-masing kecapatan diminta untuk melakukan inventarisasi lahan lahan perkebunan masyarakat yang tidak ditunggui, dan mengingatkan kepada pemilik atau pengelola kebun untuk selalu menjaga kebun miliknya agar tidak mudah terbakar.

“Setiap areal perkebunan dengan luas 5 hektar keatas kita minta untuk membuat sekat kanal untuk mengantisipasi kekeringan pada lahan sehingga rawan karhutla. Beberapa sekat kanal saat ini juga dibuat secara swadaya melalui prakarsa pak Danramil”, kata Alfedri.

Selain itu di masing-masing kecamatan juga diminta untuk melakukan sosialisasi di setiap kesempatan kepada seluruh masyarakat, untuk tidak melakukan pembersihan lahan dengan cara membakar, dan senantiasa melakukan pemeriksaan peralatan pemadaman agar siap sedia dipergunakan untuk pemadaman dengan jumlah yang cukup. (humas)

Akses getarpijar.com Via Mobile m.getarpijar.com
BERITA TERKAIT
TULIS KOMENTAR