Tanggal :

Februari atau Maret 2010 Pengurus LAMR Rohil Gelar Rakerda

Dibaca: 933 kali  Jumat, 27 Desember 2019 | 14:44:44 WIB
Februari atau Maret 2010 Pengurus LAMR Rohil Gelar Rakerda
Ket Foto : Pengurus Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) melaksanakan rapat kerja pengurus, Jumat (27/12/2019) pagi di gedung LAMR Rohil, Jalan Kecamatan, Batu Enam, Bagansiapiapi.

BAGANSIAPIAPI - GETARPIJAR.COM - Pengurus Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) melaksanakan rapat kerja pengurus, Jumat (27/12/2019) pagi di gedung LAMR Rohil, Jalan Kecamatan, Batu Enam, Bagansiapiapi. Rapat kerja pengurus itu turut dihadiri ketua umum dewan kehormatan LAMR Rohil, Datuk Sri H Surya Arfan.

Ketua umum dewan pimpinan Harian LAMR Rohil Datuk Sri Amanah masyarakat adat LAMR, Datuk Sri H Rasyid Abizar mengatakan, rapat kerja pengurus ini dilaksanakan dalam rangka untuk menyusun program kerja dan kegiatan pada tahun 2020.

Selain itu, nantinya juga akan dibahas dalam rapat kerja daerah pada bulan Februari atau Maret mendatang. "Untuk rapat kerja daerah (Rakerda) akan dilaksanakan pada bulan Januari atau Maret mendatang dengan menghadirkan LAMR Propinsi Riau," kata Datuk Sri Rasyid Abizar.

Pada Rakerda itu nantinya kita akan mengundang LAMR Propinsi Riau untuk menyampaikan tentang adat istiadat melayu dan lain sebagainya. "Yang jelasnya kita berkomitmen mengangkat budaya melayu yang selama ini teremas oleh budaya asing. Maka dari itu mari kita tangkis secara bersama budaya asing tersebut," ajak Datuk Sri Rasyid Abizar.

Terpisah, Ketua LAMR Kawasan Bangko, Mustapa Spdi mengatakan kalau pihaknya pada tahun 2020 akan mengadakan perlombaan seni silat pengantin, pelatihan adat istiadat melayu, pelatihan tata cara berpakaian melayu, pelatihan hantaran belanja dan pernikahan melayu Riau, sopan santun dalam menghadapi penguasa/orang tua, dan lain sebagainya.

"Untuk perlombaan itu ada dua kategori yakni untuk umum dan sekolah yang akan dilaksanakan pada pertengahan Bulan Janurai dan dipusatkan di halaman kantor BPKAD Rohil. Sementara untuk pelatihan akan dilaksanakan pada pertengahan Bulan Maret yang dipusatkan di gedung pertemuan H Misran Rais," kata Mustapa.

Untuk menghadapi tahun baru 2020, Mustapa mengakui kalau LAMR kawasan bangko telah mengeluarkan himbauan untuk menjaga ketertiban bersama pada pergantian tahun baru.

"Kita minta saling menjaga ketertiban umum dengan tidak membunyikan mercun atau petasan, tidak membunyikan musik terlalu keras dan mari kita perbanyak zikir," pungkasnya. (hlc/gpc)

Akses getarpijar.com Via Mobile m.getarpijar.com
BERITA TERKAIT
TULIS KOMENTAR