Tanggal :

Bupati Kampar dampingi Komisi IV DPR RI Kunker Terkait Karhutla

Dibaca: 863 kali  Kamis, 07 November 2019 | 11:25:33 WIB
Bupati Kampar dampingi Komisi IV DPR RI Kunker Terkait Karhutla
Ket Foto : Bupati Kampar dampingi Komisi IV DPR RI Kunker Terkait Karhutla
RIMBO PANJANG - GETARPIJAR.COM - Bupati Kampar H. Catur Sugeng Susanto mendampingi kunjungan kerja Komisi IV DPR RI ke Kabupaten Kampar, kunjungan ini berkaitan dengan penanganan Kebakaran Hutan dan lahan serta pasca kebakaran yang terjadi beberapa waktu lalu.
 
Kunjungi yang dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi IV G Budisastro Djiwandono bersama dengan 14 anggota Komisi IV dan 6 orang pendamping beserta Badan Restorasi Gambut RI Dr. Haris Gunawan dan Dirjen Penegakan Hukum terpadu Kementerian LHK RI Ridho Sani.
 
Kedatangan Rombongan komisi IV disambut oleh Camat, kepala Desa dan masyarakat di areal kebakaran hutan dan lahan Desa Rimbo Panjang Kabupaten Kampar Provinsi Riau pada hari Kamis 7/11.
 
Saat berada di lokasi eks kebakaran hutan dan lahan dikatakan Budisastro Djiwandono bahwa kejadian kebakaran hutan bukan saja mengakibatkan kerugian material Lebih dari itu aspek ekonomi maupun ekologi alam yang menjadi rusak untuk jangka panjang” Kata Budisastro.
 
Saat kunjungan Komisi IV berbicara langsung dengan masyarakat, Kepala Desa, Camat dan Bupati Kampar, Para Anggota Komisi IV ingin mengetahui apa sebab sehingga terjadi kebakaran hutan dan lahan yang menyebabkan kabut asap yang menyebar sampai ke negeri Jiran tersebut.
 
Dari dialog tersebut ada beberapa hal penting yang menjadi catatan Komisi IV diantaranya perlu keterlibatan langsung dan kehadiran Pemerintah dalam mencegah kebakaran hutan dan lahan seperti pembuatan embung, pengoptimalan pemanfaatan lahan serta penyuluhan kepada masyarakat” Kata G Budisastro lagi.
 
“Ini dalam rangka mencari simpulan dan solusi yang tepat sehingga kebakaran hutan dan lahan dapat dicegah, sehingga kebakaran hutan dan lahan yang disebabkan oleh berbagai hal baik yang disengaja atau tidak, begitu juga yang dilakukan oleh perorangan atau korporasi.
 
Sementara Bupati Kampar saat ditanya mengatakan bahwa kebakaran hutan di Kampar terjadi dilahan gambut Dimana dalam penanganan tidak semudah seperti kebakaran biasa, letaknya didalam gambut dan dalam sekita dapat terbakar” Katanya lagi.
 
Kepada Komisi IV ia berharap perhatian dan kepedulian sehingga kebakaran ini tidak terulang lagi, mohon bantuan terhadap bantuan sarana dan prasarana penanggulangan kebakaran” Kata Catur lagi yang didampingi oleh Kepala BKSDA Riau Suharyono, Kepala dinas Kebersihan dan lingkungan hidup Aliman Makmur, Kadis Kominfo Arizona serta camat Tambang dan kepala Desa Rombo Panjang.
 
Dr. Aris Gunawan dalam arahannya akan menyampaikan akan menjadi kawasan gambut Rombo Panjang sebagai pilot projek dan akan memetakan tindakan yang tepat sehingga luas lahan yang rentan terhadap kebakaran hutan dan lahan dapat dikurangi” Kata Aris Gunawan.
 
Dr. Haris Gunawan Badan Restorasi Rambut RI menyatakan bahwa gambut yang ada sudah tidak sesuai dengan keasliannya, sehingga terjadi kekeringan pada lahan gambut, ini diakibatkan oleh sekatan-
sekatan yang dilakukan oleh masyarakat maupun korporasi,
 
Keterlibatan masyarakat sangat dibutuhkan dalam pengelolaan lahan gambut yang saat ini tidak sesuai dengan ekosistem gambut yang berawa dan berair” Tutupnya lagi. (Diskominfo)
Akses getarpijar.com Via Mobile m.getarpijar.com
BERITA TERKAIT
TULIS KOMENTAR