Tanggal :

Pemkab Kuansing Rekrut Tenaga Honorer 2020

Dibaca: 1795 kali  Kamis, 07 November 2019 | 11:23:47 WIB
Pemkab Kuansing Rekrut Tenaga Honorer 2020
Ket Foto : Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan (Bappeda Litbang) Kuansing, Maisir
TELUK KUANTAN - GETARPIJAR.COM - Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau belum dapat memastikan berapa jumlah tenaga honorer yang akan direkrut untuk dianggarkan melalui APBD Kuansing Tahun 2020.
 
"Untuk pegawai honor jumlahnya tidak terlalu banyak, paling untuk guru ada 113 orang, sisanya mungkin 10 orang di setiap OPD untuk membantu pelayanan administrasi," ujar Kepala Badan Perencanaan 
Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan (Bappeda Litbang) Kuansing, Maisir kepada awak media.
 
Maisir sendiri belum dapat memastikan berapa jumlah pegawai honor untuk tahun 2020. "Jumlahnya tidak sampai 500 orang, pastinya kita memang belum tahu," katanya.
 
Dari jumlah tersebut ada sekitar 113 guru honor yang diutamakan kembali direkrut karena sudah bekerja sejak beberapa tahun terakhir menjadi honor.
 
Tenaga guru honor yang direkrut ini memang diutamakan untuk mengisi kekosongan guru di sejumlah sekolah yang jauh dari ibu kota kecamatan dan kabupaten. "Sekolah yang jauh-jauh ini membutuhkan guru maka diutamakan," pungkasnya.
 
Maisir menambahkan, memang sebelumnya saat pebahasan kemarin ada usulan penambahan 1.000 tenaga guru honor untuk 2020. Namun itu batal dilaksanakan mengingat keterbatasan anggaran yang kita miliki.  "Keuangan terbatas maka batal direkrut," pungkasnya.
 
Sebelumnya, Pemkab Kuansing merumahkan sebanyak 136 tenaga honorer dan tenaga cleaning service yang bekerja di Sekretariat Daerah (Setda) Kuansing. Sebanyak 76 tenaga cleaning service dan sisanya 60 tenaga honor dirumahkan karena gaji mereka hanya sampai bulan September 2019 dianggarkan.
 
 
Anggarkan Gaji Honorer 
 
Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi Provinsi Riau menggelontorkan anggaran gaji tenaga honorer/belanja jasa administrasi perkantoran Setda dan tenaga biaya tenaga cleaning servis Kantor Bupati, 
rumah dinas Bupati, rumah dinas wakil Bupati dan rumah Sekda.
 
Khusus anggaran gaji tenaga honorer perkantoran Setda Kuansing, Pemerintah Kuansing menganggarkan 60 orang saja untuk 9 bulan dengan total rinciannya Rp 378.000.000 juta untuk tahun anggaran 2019.
 
Sedangkan untuk tenaga jasa tenaga CS Kantor Bupati, rumah dinas Bupati, Wakil Bupati, dan Sekda dengan anggaran Rp 974.000.000 juta untuk 77 orang. Hal tersebut dikatakan Kabid anggaran BPKAD 
Kuansing, Andi Zulfitri di ruangannya, Kamis (7/11).
 
Rinciannya gaji khusus tenaga honorer perkantoran Setda Kuansing Rp 700.000 per bulan sedangkan untuk jasa CS Kantor Bupati, rumah dinas Bupati, Wakil Bupati dan Sekda tidak disebutkan berapa 
besaran untuk gaji perorangan nya di DPA Coba tanyakan ke Kabag umum Kuansing berapa besaran gaji CS sebulan, pasalnya di DPA tidak ada nominal gaji tenaga CS, ujar Andi.
 
“Khusus anggaran gaji tenaga honorer perkantoran Setda Kuansing, Pemerintah Kuansing menganggarkan 60 orang saja untuk 9 bulan dengan total rinciannya Rp 378.000.000 juta untuk tahun anggaran 2019. 
 
Dan sisa untuk kekurangan gaji tersebut akan dianggarkan pada APBD P. Berhubung APBD P tidak ada, maka akan kita masukkan pada perubahan penjabaran APBD,” ungkapnya. (tim)
Akses getarpijar.com Via Mobile m.getarpijar.com
BERITA TERKAIT
TULIS KOMENTAR