Polri Peduli, Ratusan Korban Banjir Dapat Ratusan Nasi Bungkus Dari  Polres Rohul
  • Search
  • Menu

Polri Peduli, Ratusan Korban Banjir Dapat Ratusan Nasi Bungkus Dari Polres Rohul

Rabu, 22 Maret 2023|08:37:24 WIB Dibaca: 371 Kali


ROKAN HULU-Akibat Hujan  yang mengguyur Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) membuat Ratusan Kepala Keluarga (KK) di Kecamatan Rambah, Selasa (21/3/2023), rumahnya kebanjiran.

Atas hal tersebut, sebagaimana wujud empati, Puluhan Personil Polres Rohul langsung dipimpin AKBP Pangucap Priyo Soegito SIK MH, di dampingi Kapolsek Rambah AKP Syafaruddin SH, langsung melalukan peninjauan serta melakukan evakuasi Korban Banjir dan memberikan Nasi Bungkus.

Kapolres Rohul AKBP Pangucap Priyo Soegito SIK MH bersama Personilnya langsung turun ke sejumlah  Titik Lokasi Banjir Kecamatan Rambah.

Lanjutnya,   adapun lokasi yang terkena banjir di wilayah Kecamatan Rambah,  Desa Babussalam, Kelurahan Pasir Pengaraian dan Desa Pematang Berangan. 

"Informasi dari Masyarakat Debit Air Sungai Batang Lubuh naik sekitar pukul 11.00 Wib, sehingga menggenangi pemukiman warga dan saat ini kondisi air masih bertahan dengan Ketinggian air lebih kurang 30 sampai 50 Cm," tuturnya.

"Saat ini, Jalan Lintas Pasir Pengaraian  masih dapat dilalui  KBM R2 maupun R4 dengan kecepatan rendah, sehingga Arus Lalu Lintas dialihkan Jalan Lingkar KM 4 Pasir Pengaraian dan Korban Jiwa Nihil," tuturnya.

Dijelaskan Kapolres Rohul lagi, adapun yang terdampak Banjir,  Desa Babussalam Dusun Nogori, Tinggi Air    50 Cm,  Korban  55 Kepala Keluarga (KK)  Fasilitas Umum Dua   Unit, Dusun Darussalam Tinggi Air   50 CM, Korban 50 KK, Fasilitas Umum  Satu Unit Dusun Maratugun, Tinggi Air 40 CM, Korban  45 KK.

"Kemudian, Kelurahan Pasir Pengaraian, Lingkungan Tanjung Harapan Tinggi  Air  50 - 70 Cm,  Jumlah Korban 168 KK, Fasilitas Umum  Satu Buah Surau," rincinya 

"Selanjutnya, Desa Pematang Berangan, Dusun Tulang Gajah Tinggi  Air  30 - 40 CM,  Jumlah Korban 25 KK, Desa Rambah Tengah Hulu Dusun Pawan Hulu, Tinggi  Air  30 - 50 Cm Jumlah Korban  50 KK,  Dusun Pawan Hilir, Tinggi  Air  30 - 50 CM,  Korban 75 KK," terangnya.

Selain itu, akibat Banjir terjadi ambruk atau  amblas jalan yang menghubungkan antara Kecamatan Bangun Purba dengan Kecamatan Rambah karena gorong-gorong  diterjang  Banjir dari  Sungai Batang Lubuh. 

"Akibat ambruknya jalan tersebut membuat jalan terputus dan tidak bisa dilalui, sehingga terjadi kemacetan di Jalan Jendral Sudirman Kecamatan Bangun Purba Kan Rohul," katanya.

Dalam peninjauan tersebut Orang Nomor Satu di Mapolres Rohul ini, berkomunikasi terhadap Masyarakat korban banjir dan mengingatkan agar memastikan Aliran Listrik dalam kondisi aman. 

"Saat ini, Kami  koordinasi  dengan BPBD Rohul dan Perangkat Desa untuk dapat mendirikan posko banjir dan persinggahan bagai masyarakat Korban Banjir," tuturnya 

Kata Kapolres,  Polri juga koordinasi dengan PemKab Rohul dan Pemerintah Desa  terhadap tempat yang dipersiapakan evakuasi warga yang terdampak adapun tempat yang dipersiapkan, Kantor Desa Babussalam, Kantor Perpustakaan dan Arsip,  Depan Kantor PMI Rohul  dan  Taman Kota Pasir Pangaraian 

"Kami menyiagakan Personil Sat Lantas dan Samapta 1 Pleton di Lokasi Banjir dan memasang Water Barrier yang bertujuan agar bagi para penguna jalan yang melintas putar balik dan mengarahkan ke Jalan Lingkar," pungkasnya

"Saat ini situasi  di lokasi banjir di wilayah Desa Babussalam Kecamatan Rambah masih naik," pungkas Kapolres (Humas Polres Rohul)


Komentar

Berita Terkait