Pemkab Siak Sediakan 328 Ruang Isolasi Bagi PDP
  • Search
  • Menu

Pemkab Siak Sediakan 328 Ruang Isolasi Bagi PDP

Selasa, 21 April 2020|21:52:57 WIB Dibaca: 893 Kali
Bupati Siak Alfedri


SIAK - GETARPIJAR.COM - Seiring meningkatnya eskalasi jumlah Pasien Dalam Pengawasan Covid-19 di Siak, pemerintah daerah dibantu beberapa perusahaan swasta telah menyiapkan ratusan ruang isolasi. Terdapat 328 ruang isolasi khusus bagi PDP kategori ringan dan sedang.


Bupati Siak mengatakan penambahan ruangan tersebut dikarenakan terbatasnya ruang isolasi yang ada sebelumnya di RSUD Tengku Rafian. Untuk itu, dilakukan penambahan ruang cadangan dibeberapa daerah diantaranya 24 ruangan di RSUD Siak, 50 ruangan cadangan di Asrama Haji Siak, 4 ruangan di Rumah Sakit Tipe D Tualang, 10 ruangn di Rumah Sakit Tipe D Minas, 30 ruangan di Balai Latihan Kerja (BLK) Siak.


"Selanjutnya ada dibantu dari PT Ivomas Kandis 10 ruangan dan yang paling banyak itu di PT Indah Kiat Pulp and Paper (IKPP) Perawang, ada 200 ruang isolasi. Jadi total ada 328," Kata Alfedri saat diwawancarai awak media Selasa (21/4/2020).


Alfedri menjelaskan, meski ruangan tersebut telah disiapkan, namun ia berharap tidak terjadi pelonjakan angka kasus PDP Covid-19 di Siak. Menurutnya ruangan tersebut perlu untuk mengantisipasi jika hal tersebut terjadi.


"Kalau bisa semua ruangan yang disiapkan itu tidak terpakai, artinya PDP kan tidak bertambah. Itu untuk antisipasi kalau ada peningkatan jumlah PDP, dan yang dirawat di situ kategori yang ringan dan sedang, kalau yang berat tentu di RSUD dia," Jelas Alfedri.


Berdasarkan data yang ada di website resmi Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Siak www.corona.siakkab.go.id, sampai saat ini ada 17 orang PDP termasuk satu orang perawat di RSUD Tengku Rafian yang sebelumnya merawat pasien dalam pengawasan.


"PDP yang sedang dirawat saat ini ada 9 orang. Sementara yang meninggal 3 orang dan telah sembuh 5 orang. Sementara yang positif Corona berdasarkan hasil swab sampai saat ini 1 orang warga Kecamatan Kandis," Kata dia lagi.


Sementara Orang Dalam Pemantauan (ODP) di Kabupaten Siak hingga hari ini sudah mencapai 2.587 orang. 39 ODP tidak ada gejala, 1.142 proses pemantauan dan 1.406 selesai pemantauan.


"Dengan kepatuhan masyarakat terhadap himbauan pemerintah, maka jumlah ODP di Kabupaten Siak terus saja berkurang setiap harinya. Kita berharap wabah ini segera berakhir, masyarakat diharapkan di rumah saja dan hidup bersih," Tutup Alfedri. (Rlc/Gpc)


Komentar

Berita Terkait