Pemkab Siak Kesulitan Beli APD untuk Kebutuhan Medis
  • Search
  • Menu

Pemkab Siak Kesulitan Beli APD untuk Kebutuhan Medis

Rabu, 15 April 2020|22:41:41 WIB Dibaca: 918 Kali
Bupati Siak Alfedri.


SIAK - GETARPIJAR.COM - Untuk menangani wabah virus Corona (Covid-19), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Siak, Riau, diketahui telah menganggarkan tak kurang dari Rp44,7 miliar.
 

Namun, dengan dana sebesar itu, Pemkab Siak ternyata tidak bisa berbuat banyak khususnya dalam pengadaan alat pelindung diri (APD), untuk memenuhi kebutuhan tim medis.
 

Bupati Siak, Alfedri mengatakan, APD seperti hand sanitizer, masker, cairan disinfektan dan lainnya untuk saat ini barang yang langka. Meski Pemkab Siak punya duit, namun sulit mendapatkannya.
 

"Barangnya sulit didapat. Mau beli pun tak ada," kata Bupati Siak Alfedri menjawab Gatra.com, di Siak, Rabu (15/4).
 

Menurutnya, bantuan APD dari pemerintah pusat serta sumbangan dari perusahaan yang beroperasi di Siak memang ada dan masih cukup digunakan oleh petugas medis di RSUD Siak dan Puskesmas.
 

"Stok APD untuk medis di RSUD dan seluruh Puskesmas di Siak saat ini sudah cukup. Kendati begitu, sebetulnya kita berencana mau beli lagi, tapi barangnya susah didapat," kata dia.
 

Padahal, kata Alfedri, seperti keterangan Dinas Kesehatan Siak, sebetulnya bahan APD kebanyakan dari Indonesia yang di jual ke China. Negeri tirai bambu itu pun kembali menjualnya ke Indonesia setelah sudah diproses.
 

"Mudah-mudahan ada jalur pemesanan khusus. Agar APD mencukupi jika ada lonjakan yang terkena wabah itu nantinya," ujarnya. (Gtr/Gpc)


Komentar

Berita Terkait