Gugus Tugas Terapkan Contact Tracing Usai Ditemukan Pasien Positif Covid-19 di Pelalawan
  • Search
  • Menu

Gugus Tugas Terapkan Contact Tracing Usai Ditemukan Pasien Positif Covid-19 di Pelalawan

Jumat, 03 April 2020|21:09:49 WIB Dibaca: 799 Kali
Jubir Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Pelalawan, Asril SKM


PELALAWAN - GETARPIJAR.COM - Dengan adanya satu pasien positif Corona Virus Disease 2019 (Covid19) di Kabupaten Pelalawan membuat Dinas Kesehatan (Diskes) lebih mengoptimalkan Contact Tracing (Pelacakan Kontak) terhadap orang-orang yang terindikasi pernah berhubungan dengan pasien tersebut.


Menurut Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Pelalawan, Asril SKM, tracing yang dilakukan gugus tugas berdasarkan informasi dari pasien positif Covid-19.


"Kita akan cari di lapangan maupun memakai nomor Hand Phone (HP) siapa saja yang telah berhubungan kontak fisik dengan beliau dalam kurun waktu 20 hari yang lalu," terang Asril SKM  saat Press Conference di Posko Layanan Informasi dan Pengaduan Covid19, Jumat (3/4/2020).


Ia juga mengakui naiknya angka Orang Dalam Pemantauan (ODP) setiap harinya karena pola tracing yang dilakukan tim gugus tugas. karena data terbaru ODP di Kabupaten Pelalawan menjadi 440 dengan PDP 6 orang.


"Kami akan terus berupaya menemukan orang yang kontak langsung dengan pasien positif Covid-19 maupun dengan pendatang dari daerah pendemi atau zona merah hingga status kejadian luar biasa ini dapat diputus mata rantainya," harap dia.


Untuk itu Asril kembali menjelaskan pola tracing dan isolasi mandiri merupakan usaha yang dapat mempersempit sekaligus dapat memutus penyebaran virus ini terlebih di 14 hari masa inkubasi.


"Disinilah pentingnya dukungan dan kesadaran masyarakat untuk segera melaporkan baik dirinya maupun orang lain yang pernah berhubungan secara fisik dengan pasien positif Covid-19. Ini demi menghindarkan penyebaran lebih luas sekaligus memutus mata rantainya," kata Asril mengakhiri. (Hrc/Gpc)


Komentar

Berita Terkait