Tanggal :

Syamsuar-Edy Natar Pasangan Cagubri dan Wagubri Pertama yang Daftar ke KPU Riau

Dibaca: 190 kali  Senin,08 Januari 2018 | 14:30:09 WIB
Syamsuar-Edy Natar Pasangan Cagubri dan Wagubri Pertama yang Daftar ke KPU Riau
Ket Foto : Suasana di Kantor KPU Riau saat pasangan Syamsuar-Edy mendaftar di Pilgub Riau 2018, Senin, 8 Januari 2018

PEKANBARU - GETARPIJAR.COM - Kenakan baju melayu teluk belango berwarna putih lengkap bersongket hitam keemasan, Syamsuar - Edy Natar Nasution tiba di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Riau, Jalan Gajah Mada, Pekanbaru, Senin (8/1/2018) sekitar pukul 11.00 WIB.

Pasangan Syamsuar - Edy Natar Nasution, Bakal Calon (Balon) Gubernur dan Wakil Gubernur Riau yang diusung Koalisi Bersatu Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai NasDem ini datang mendaftarkan diri sebagai Cagup dan Cawagub Riau pada Pilkada Riau 2018.

Syamsuar - Edy Natar Nasution masing-masing didampingi istri berjalan kaki dari pintu gerbang perkantoran KPU Provinsi Riau menuju gedung KPU Riau diiringi pukulan kompang dan disambut tradisi adat dengan tepak sirih serta silat.

Ketua DPW PAN Riau, Irwan Nasir berserta jajarannya, Ketua DPW NasDem Iskandar Hoesin beserta jajarannya, Ketua DPW PKS Hendri Munief beserta jajaranya dan tim pemenangan paslon, ikut mendampingi Syamsuar - Edy Natar mengantarkan berkas pendaftaran Gubernur dan Wakil Gubernur Riau.

Bak orang yang akan menikah, Irwan Nasir menyerahkan mahar pendaftaran Pasangan Calon (Paslon) Gubernur Riau dan Wakil Gubernur Riau, Syamsuar - Edy Natar Nasution kepada KPU Riau. Irwan juga menyampaikan Paslon ini telah melengkapi syarat 13 kursi.

Sementara Syamsuar beserta istri, Edy Natar Nasution beserta istri duduk bersanding bak penganten di pelaminan. Kemudian turun duduk bersila dengan Irwan Nasir, Iskandar Hoesin dan Hendri Munief menyaksikan Irwan Nasir mengucapkan akad pendaftaran.

Penyampaian akad pendfataran itu pun dinyatakan sah oleh KPU dan diiringi tepuk tangan yang meriah. KPU Riau pun meminta waktu 15 menit untuk memeriksa kelengkapan berkas paslon Syamsuar - Edy yang diusung partai dari Koalisi Bersatu ini.


Kenakan Telok Belanga

Pasangan Syamsuar-Edy Nasution mendaftar ke KPU Riau sebagai calon gubernur dan wakil gubernur. Prosesi penyerahan berkas terbilang unik, layaknya akad nikah.

Sekitar pukul 11.15 WIB, Senin, 8 Januari 2018, Syamsuar dan Edy tiba di Kantor KPU Riau. Kedatangan mereka disambut meriah. Utusan dari partai pengusung hadir. Tarian persembahan adat Melayu pun menyemarakkan acara.

Syamsuar dan Edy mengenakan kostum khas masyarakat adat melayu Riau. Keduanya kompak mengenakan pakaian Telok Belanga putih lengkap dengan tutup kepala. Keduanya didampingi istri yang mengenakan baju kurung.

Ketua KPU Riau Nurhamin menyambut kedatangan pasangan yang diusung empat partai itu. Nurhamin dan komisioner KPU juga mengenakan pakaian Telok Belanga. Kedua pihak pun berbalas pantun untuk memulai acara.

Lalu, mereka menuju lantai dua bangunan yang berlokasi di Kota Pekanbaru tersebut. Pantauan Medcom.id, ruangan di lantai dua disulap dengan dekorasi menyerupai acara pernikahan. Di bagian tengah, sebuah pelaminan ditempatkan dengan nuansa merah keemasan. Di situlah, pasangan calon gubernur-wakil gubernur duduk sembari komisioner KPU memeriksa berkas pendaftaran.

"Dengan ini, kami dari Koalisi Riau Bersatu yang terdiri dari PAN 7 kursi, PKS 3 kursi, dan NasDem 3 kursi. Total sebanyak kursi 13 kursi. Dengan mengucapkan

Bismillahirahmanirrahim. Kami ke sini mendaftarkan pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Riau 2018 sebagai syarat pencalonan Pilgub Riau 2018. Agar kiranya kedatangan dan pendaftaran pasangan ini diterima," kata Irwan, Ketua DPW PAN Provinsi Riau.

Ucapan tersebut langsung disambut Ketua KPU Riau Nurhamin. "Kami terima pendaftaran pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Riau 2018 Bapak Syamsuar dan Edy Nasution sekaligus melakukan pemeriksaan berkas pencalonan pasangan ini di KPU," kata Nurhamin.

Sontak komisioner KPU Riau beteriak pelan: sah. Lalu tamu pun menyambut dengan ucapan serupa. Pasangan Syamsuar dan Edy langsung bersalaman dengan Ketua dan Komisioner KPU Riau.

Kedua pasangan ini selanjutnya kembali ke pelaminan sembari menunggu KPU memeriksa berkas pendaftaran dan pencalonan Syamsuar dan Edy. Sekadar diketahui, Syamsuar adalah Bupati Kabupaten Pelalawan. Sedangkan pasangannya, Edy Nasution adalah Danrem 031/Wirabima Pekanbaru. Pasangan tersebut mendapat dukungan dari PAN, PKS, NasDem, dan PKPI. (tim)

Akses getarpijar.com Via Mobile m.getarpijar.com
BERITA TERKAIT
TULIS KOMENTAR

Senin,13 Mei 2019 - 14:45:39 WIB

Pemkab Rohil Terapkan Program Sekolah Adiwiyata

ROKAN HILIR - GETAR PIJAR.COM - Dalam masa kepemimpinannya untuk lima tahun serta mewujudkan Visi dan Misi Bupati Rokan Hilir (Rohil) H Suyatno menargetkan ditahun 2021 semua sekolah di Rohil menjadi sekolah adiwiyata. Demikian disampaikan melalui Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Rohil, Suwandi S.Sos kepada awak media, Sabtu (11/05/2019).

Senin,13 Mei 2019 - 14:45:39 WIB

Pemkab Rohil Terapkan Program Sekolah Adiwiyata

ROKAN HILIR - GETAR PIJAR.COM - Dalam masa kepemimpinannya untuk lima tahun serta mewujudkan Visi dan Misi Bupati Rokan Hilir (Rohil) H Suyatno menargetkan ditahun 2021 semua sekolah di Rohil menjadi sekolah adiwiyata. Demikian disampaikan melalui Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Rohil, Suwandi S.Sos kepada awak media, Sabtu (11/05/2019).