Tanggal :

Sesuai Keppres

Presiden Jokowi lantik 4 Gubernur dan 2 Wagub di Istana Negara

Dibaca: 351 kali  Rabu,25 Mei 2016 | 20:48:42 WIB
Presiden Jokowi lantik 4 Gubernur dan 2 Wagub di Istana Negara
Ket Foto : Jokowi lantik Gubernur di Istana.

JAKARTA - PIJARRIAU.COM - Presiden Joko Widodo secara resmi telah melantik empat Gubernur dan dua Wakil Gubernur di Istana Negara, Jakarta, Rabu (25/5). Sebelum pengambilan sumpah jabatan, mereka terlebih dahulu melakukan prosesi penyerahan petikan keputusan Presiden di Istana Merdeka.

Setelah itu, Presiden Jokowi didampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo diiringi Pasukan Kehormatan Paspampres berjalan kaki dengan para Gubernur dan Wakil Gubernur menuju Istana Negara untuk diambil sumpah jabatan.

Setelah tiba di Istana Negara, prosesi pelantikan diawali dengan pembacaan Keppres oleh Deputi bidang Administrasi Aparatur Kementerian Sekretariat Negara Cecep Sutiawan. Kemudian dilanjutkan pengambilan sumpah yang dipandu oleh Presiden dan dilanjutkan penandatanganan berita acara pelantikan.

Presiden Jokowi melantik Kepala Daerah yang menggantikan Gubernur yang dinonaktifkan karena tersandung kasus hukum maupun dikarenakan meninggal dunia. Selain itu, Jokowi juga melantik Gubernur yang mengalami penundaan pelantikan seperti Gubernur Kalimantan Tengah.

Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah yang dilantik yaitu pasangan Sugianto Sabran dan Said Ismail. Presiden Jokowi juga melantik Plt Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi yang menggantikan Gubernur Sumatera Utara Gatot Pudjo Nugroho yang dinonaktifkan karena tersandung kasus korupsi dana bantuan sosial Sumatera Utara.

Plt Gubernur Kepulauan Riau Nurdin Basirun juga dilantik menjadi orang nomor satu di Provinsi yang letaknya dekat dengan negara Singapura tersebut, Nurdin menggantikan Muhammad Sani yang meninggal dunia pada April lalu.

Presiden juga melantik Sri Paduka Paku Alam X sebagai Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta menggantikan Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo (KGPAA) Paku Alam IX yang meninggal dunia pada November 2015.

Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman juga dilantik menjadi Gubernur Riau menggantikan Annas Mamun yang dinonaktifkan karena kasus korupsi alih fungsi lahan.  (tim)

Akses getarpijar.com Via Mobile m.getarpijar.com
BERITA TERKAIT
TULIS KOMENTAR

Senin,13 Mei 2019 - 14:45:39 WIB

Pemkab Rohil Terapkan Program Sekolah Adiwiyata

ROKAN HILIR - GETAR PIJAR.COM - Dalam masa kepemimpinannya untuk lima tahun serta mewujudkan Visi dan Misi Bupati Rokan Hilir (Rohil) H Suyatno menargetkan ditahun 2021 semua sekolah di Rohil menjadi sekolah adiwiyata. Demikian disampaikan melalui Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Rohil, Suwandi S.Sos kepada awak media, Sabtu (11/05/2019).